Selasa, 13 Januari 2009

Pelayanan Dalam Hotel


Para tamu melakukan perjalanan untuk keperluan bisnis maupun berlibur dan mereka bisa memperoleh manfaat dari akses nirkabel berkecepatan tinggi yang aman di dalam area hotel untuk mengakses berbagai layanan. Namun kapan itu akan terjadi?
Hotel-hotel di Indonesia dan kawasan Asia lainnya dinilai masih lambat dalam mengadopsi konvergensi jaringan. Jaringan terkonvergensi merupakan penggabungan jaringan suara dan data, salah satunya adalah telepon berbasis Internet (IP telephony). Semua hotel dari tingkat mana pun sebenarnya dapat menghadirkan fasilitas jaringan konvergensi dan mengalokasikan investasi yang tepat untuk itu. Menurut Convergence Chief Architect Nortel Asia Pasifik, Mick Regan, hotel dituntut untuk mampu mendapatkan keuntungan dari aplikasi dan tidak sekadar menggantinya ke teknologi baru, misalnya dengan investasi solusi teleponi protocol Internet atau dengan memberikan pengalaman lebih dari sekadar menyediakan pelayanan berkualitas kepada tamunya.Adopsi jaringan terkonvergensi diAsia memang masih sangat lambat bila dibandingkan dengan kawasan lainnya seperti di Amerika Serikat dan Karibia. ”Pertimbangan bukan pada masalah biaya,” ujar Mick. Saat ini, tren industri perhotelan mengarah pada tuntutan memperkuat brand, membangun layanan yang mandiri, memahami pelanggan hotelnya, dan peningkatan pendapatan personalisasi. Tak heran bila berdasarkan studi yang ada, diketahui bahwa tamu hotel kini menurut tingkatan kebutuhannya memperhatikan tempat santai, faktor lingkungan, masalah higienis, akses komunikasi dan konektivitas, baru kemudian hiburan dan perhatian.
Nortel pun saat ini menggencarkan hadirnya solusi komunikasi bergerak yang didesain untuk membantu hotel-hotel serta convention center untuk memperluas layanan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan keuntungan.
Portfolio solusi untuk perhotelan ini merupakan jawaban kebutuhan untuk sektor perhotelan di kawasan Karibia dan Amerika Latin mengenai solusi komunikasi suara dan data canggih yang membantu menciptakan sebuah kantor virtual (virtual office) bagi para pebisnis dan akses yang aman bagi staf hotel di mana pun mereka berada di kawasan hotel.
Para tamu melakukan perjalanan untuk keperluan bisnis maupun berlibur dan mereka bisa memperoleh manfaat dari akses nirkabel berkecepatan tinggi yang aman di dalam area hotel untuk mengakses berbagai layanan seperti e-Mail, percakapan suara, data dan percakapan video, selain fax, telepon dan berbagai aplikasi korporat seperti Customer Relationship Management (CRM) dan Enterprise Resources Planning (ERP).
Dengan solusi ini, layanan online eksternal bisa diperbaiki dan dapat digunakan untuk mengelola hubungan dengan konsumen melalui contact centers. Dengan solusi CRM ini, jaringan hotel dan resort dapat mengintegrasikan kemampuan penjualan, pemasaran, dan pelayanan untuk memastikan pengalaman pelanggan yang memuaskan melalui berbagai aplikasi- in person, telepon, web, chat, fax, dan e-Mail.
Sementara itu, menurut Vice President Enterprise Network Nortel Carribean and Latin American (CALA), Noberto Milan, apa pun keperluan perjalanan para tamu, mereka menginginkan komunikasi mobile terkini untuk layanan yang aman dan memungkinkan mobilitas tanpa gangguan. ”Dengan solusi bisnis yang khusus diciptakan untuk industri perhotelan, kami membantu konsumen untuk memperbaiki kepuasan dan loyalitas pelanggan melalui penyediaan layanan komunikasi terkini,” ujar Noberto.
Dengan sebuah kantor virtual disertai layanan komunikasi suara dan data mobile, hotel-hotel dapat meningkatkan produktivitas staf dengan menyampaikan permintaan tamu kepada staf yang berada paling dekat dan cocok dengan keperluan tamu di mana pun staf hotel berada di area hotel. Nilai tambah bagi operator hotel global juga diberikan, sehingga mereka dapat berkomunikasi secara mudah dengan hotel lain dalam satu sistem, termasuk layanan piranti lunak. Melalui layanan piranti lunak, pelanggan dapat melakukan upgrade piranti lunak secara berkala untuk meningkatkan fungsionalitas dan kehandalan sistem.

1 komentar:

  1. Hadiri info sesi gratis 100%, membahas Study + Magang perhotelan di Malaysia, acara ini akan diselenggarakan di:

    Tempat: lotte mart kelapa gading lt: 2 PT. Overseas Zone, Sabtu 22 Desember 2012.

    More info:
    Tlp Ke: 021-4587 4787
    YM: info.ozone
    BBM: 320A8A5B
    Web: www.overseaszone.com

    BalasHapus